RSS

Pantai Pangandaran

03 Jan

Sunrise@Pantai Timur Pangandaran_Bram Namaskara

17 Desember 2011

Dini hari sekitar pukul 5 pagi, setelah sholat subuh, saya pun langsung beranjak menuju pantai timur Pangandaran yang letaknya tepat di belakang hotel tempat saya menginap. Saya berjalan sendiri, menyusuri pasar menuju lokasi terbaik untuk menikmati sunrise.

Hmmm… sesampai di lokasi yang saya lakukan hanyalah duduk terdiam menikmati keindahan maha karya Sang Pencipta sampai kemudian datang salah satu mahasiswa saya yang ikut menikmati keindahan ini dan mengabadikan dalam jepretan kameranya… (thanks to Bram Namaskara utk sepotong kue coklat dan chocolat milk nya… plus foto sunrise :D).

Three Different Hats

Senengnya kalo pergi ke satu tempat bareng fotografer handal….penyakit narsis pun kambuh.. hahaha.. trip pangandaran kali ini pun menyenangkan sekali, karena fotografer nya ada 2, Bram Namaskara dan Iyus Kusnaedi..

Kebetulan, saya dan Gina memiliki sifat yang ga jauh beda, menyukai pantai, gemar tantangan dan dengan senang hati kalo diajak foto…hahahaha *teteeeuup…..

menyusuri pantai barat s/d timur Pangandaran

Matahari mulai beranjak naik, tetapi tidak menyurutkan niat saya bersama teman-teman untuk menyewa kapal menuju Pantai Pasir Putih Pangandaran untuk snorkeling. Dengan tarif Rp 10.000/orang sekali antar atau Rp 15.000/orang PP kami pun berangkat. Setelah berada di atas kapal yang mampu menangkut max 10 orang itu, pemandu kapal kami, mas Tris, menawarkan kepada kami untuk berkeliling menyusuri dari Pantai Barat Pangandaran hingga Pantai Timur Pangandaran untuk melihat 10 spot yang tersebar di sepanjang pantai dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan kapal. Kami pun tergoda, negosiasi harga dilakukan diatas kapal, dan akhirnya disepakati biaya Rp 60.000/orang untuk diantar berkeliling start dari pantai barat menuju timur kemudian  mengunjungi tempat nelayan mencari udang rebon di tengah lautan, lanjut tracking goa dan hutan di wilayah cagar alam dari arah Pantai Timur Pangandaran menuju ke Pantai Pasir Putih, Snorkeling di Pantai Pasir Putih sepuasnya, dan kemudian dijemput lagi untuk diantar ke start awal yaitu Pantai Barat Pangandaran.

salah satu spot dipergunakan untuk iklan rokok

karang bolong

ga cuma di Thailand… Pangandaran pun ada ^_^

Sayang.. beberapa spot gambar nya blur, jadi hanya sebagian yang bisa ditampilkan disini. Seperti yang telah disepakati, saya dan teman-teman juga mengunjungi tempat nelayan mencari udang rebon yang ada di tengah lautan dan dari atas satu persatu kami meloncat terjun bebas dan berenang di lautan….

rumah nelayan mencari udang rebon

view tengah laut Pangandaran

bersama mas Tris, pemandu & pemilik kapal

byuuurrrr…. terjun bebas di laut lepas

it’s awesome :)

kalo kata mas Tris.. ini BANANA BOAT asli

Selesai mengelilingi pantai, saya dan teman-teman turun di salah satu spot Pantai Timur Pangandaran dan kemudian melanjutkan TRACKING melewati cagar alam & goa tergelap di Pangandaran. Untuk melewati goa ini, saya harus menyewa senter seharga Rp 10.000,-

salah satu pesisir Pantai Timur Pangandaran

mulut goa… wajib pake senter kalo masuk ke dalam

gelap gulita.. mengikuti sang pemandu dibantu cahaya senter

salah satu yang unik di dalam goa.. stalagtit paha ayam

Setelah tracking melewati goa, kemudian bersambung tracking cagar alam. Serasa menjadi BOLANG ketika menjelajah cagar alam Pangandaran.

…habis gelap terbitlah terang…

secercah harapan di dunia nyata *lebay…

hutan cagar alam Pangandaran

senangnyaaa.. berasa jadi si BOLANG… bocah petualang :D

Jembatan yang dibawahnya mengalir sungai yang airnya jadi air terjun dan mengalir ke laut

bakekok..cilukbaa..pikeboo

sampai di tujuan akhir Pantai Pasir Putih dan setelah itu lanjut ‘my Fav activity… SNORKELING..’ yippieee…

Tracking Cagar Alam Pangandaran berakhir di Pantai Pasir Putih. Sesampai disana saya dan teman-teman langsung  mengambil peralatan dan kembali berenang ke tengah lautan untuk snorkeling. Sayangnyaaaa…. ga ada yang bawa kamera anti air… jadi ga bisa mengabadikan foto2 terumbu karang, dori dan nemu yang kami temukan disana (-.-!!)

sunset @Pantai Barat Pangandaran… thanks Bram Namaskara… konsep foto sunset nya LIKE THIS bangeeed ^_^

Akhir dari trip sudah selayaknya ditutup dengan menikmati sunset di Pantai Barat Pangandaran.

LOVE to VISIT INDONESIA

miraYAmira

About these ads
 
14 Comments

Posted by on January 3, 2012 in Pangandaran, Travelling

 

14 responses to “Pantai Pangandaran

  1. mr_rifa

    June 6, 2012 at 11:02 pm

    berapa ya total budget yg mesti di keluarkan buat perjalanan yg r=tadi di ceritakan di atas…????
    mohon di balas……

     
  2. mira YA mira

    June 7, 2012 at 2:54 am

    Pangandaran 3hari 2malam

    DAY 1
    #Perjalanan menuju pangandaran kalau langsung kesana sekitar 6jam,kita mampir dulu ke KAMPUNG NAGA = FREE TICKET,
    ctt: wisatawan yang ingin berkunjung ke Kampung Naga tidak perlu membayar tiket masuk. Disarankan, wisatawan yang ingin berkunjung ke Kampung Naga agar tidak datang pada hari Selasa, Rabu, atau Sabtu. Sebab, pada hari-hari tersebut masyarakat Kampung Naga sedang melakukan ritual menyepi, yakni usaha menghindari perbincangan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan adat istiadat dan asal-usul kampungnya.

    #Check in HOTEL (maaf…namanya lupaaa… hotelnya ga jauh dari Hotel Laut Biru, dari pertigaan nya Hotel Laut Biru lokasinya sejajar.. maju sedikit sekitar 100-150m ke arah pasar, jd posisi di sebelah kiri), tarif /malam nya sekitar Rp400.000,- s/d -Rp430.000,- (peak season). Saya dan teman-teman waktu itu dapat harga Rp400.000,- +disc.40% =Rp 240.000,- (jd sewa kamar Rp60.000/org /malam)

    ctt: 1 kamar bisa untuk ber4, dpt breakfast untuk ber4 juga, fasilitas kamar: AC, shower air panas, kolam renang outdoor, parking area, dan resto yang kalau siang menyediakan Free snack seperti pisang goreng, tahu petis, tempe mendoan, atau jajan pasar…

    DAY 2
    Keliling Pangandaran
    Sewa kapal keliling Pantai Barat-Timur Pangandaran, mengunjungi 8spot di laut, mengunjungi tempat nelayan mencari udang rebon, setelah keliling…, dari kapal turun di lokasi tracking hutan cagar alam melalui Goa, dan berjalan menuju pasir pantai putih dan bisa snorkeling disana… nanti akan di jemput kapal di lokasi pantai pasir putih… dijemputnya jam berapanya nanti janjian dengan pemilik kapal. ……Harga Sewa Kapal Rp60.000,-/orang (harus nawar duluu.. pemilik kapal akan buka harga di 100-110rb)

    pilihan lain:
    a. Rp 10.000,-/org – naik kapal diantar ke pantai pasir putih pulangnya tracking melalui hutan cagar alam
    b. Rp 15.000/org – naik kapal PP ke pantai pasir putih… waktu penjemputan bisa request ke pemilik kapal
    c. FREE – PP ke pantai pasir putih dan jalan2 mengitari pesisir pantai barat dan timur pangandaran melalui jalur tracking cagar alam

    biaya lain:
    - untuk tracking yang melalui goa, harus bawa senter, kalau ga bawa senter disana disewakan senter Rp 10.000/buah… 1 senter bisa untuk 3orang berjalan, yang bawa senter orang ke-2.
    -untuk snorkeling, sewa peralatan (gogle+snorkel+kaki katak) Rp 45.000,-

    DAY 3
    Green Canyon
    Sewa Perahu Rp 75.000/6 orang = Rp 12.500/orang
    berenang ke dalam green canyon Rp 150.000/6orang = Rp 25.000/org …fasilitas: jasa pemandu + sewa pelampung
    bisa baca juga yang di : http://mirayamira.wordpress.com/2012/01/01/green-canyon-pangandaran/

    TOTAL budget saya waktu itu:
    penginapan 2x Rp 60.000,- = Rp 120.000,-
    sewa kapal pangandaran = Rp 60.000,-
    sewa senter = Rp 4.000,-
    sewa alat snorkeling = Rp 45.000,-
    sewa kapal green canyon = Rp 12.500,-
    berenang di green canyon = Rp 50.000 (dr 6 orang yg mau berenang cuma ber3)
    TOTAL = Rp 291.500

    NB: belum termasuk makan malam dan transport, dan price nya berarti di Desember 2011 yaa..
    makan malam cukup murah meriah dan porsinya juga lumayan, 1 menu bisa untuk berdua.

    Semoga info yang saya berikan cukup informatif yaa…

    Terima kasih sudah mampir di blog saya…
    Salam,
    miraYAmira

     
  3. Tami

    September 18, 2012 at 3:24 am

    Kalau untuk sewa peralatan ke siapa ya, mbak? Ada contact personnya? Thx

     
  4. mira YA mira

    October 22, 2012 at 11:26 am

    maaf baru dijawaaab…
    kalau untuk sewa peralatan nanti di pinggir pantai juga banyak kok yang menyewakan.. bisa sewa snorkel nya saja atau paket komplit snorkel dan fin/kaki kataknya… ^_^

     
  5. ligi

    October 30, 2012 at 7:23 am

    mbak minta nama hotelnya dong atau no telp nya..trus tempat makan yang recommended dimana yah disana

     
    • mira YA mira

      November 3, 2012 at 1:30 pm

      waktu saya ke pangandaran nginepnya di Hotel Nyiur Indah (letaknya di Jalan Pantai Barat No.46 Pangandaran) harga per malam nya sekitar 400rb an kalau lagi low season bisa lebih murah, kalo ada barengan temen di hotel ini sekamarnya bisa ber-4 jadi lumayan banget itung-itung kita bayarnya jadi 100rb per orangnya :) recommended hotelnya untuk yang mencari murah meriah, bersih,dan cukup komplit serta ramah pelayanan. breakfast nya juga tak mengecewakan, nasi gorengnya enak, dan kalo jam 10an dapet camilan juga (hotel lain ga dapet :p ), kamar mandi shower ada hot/cold water, ac, dan lokasi pas di depan pantai pula.. No telp nya kalo belum ganti 0265-639053

      selain itu, yang pernah saya coba di Hotel Laut Biru, lokasi nya berdekatan dengan Nyiur Indah, kalau Laut Biru terlihat lebih HOTEL :) ruangan kamar nya lebih besar-besar, kolam renangnya juga jauh lebih besar daripada di Nyiur, selebihnya ga jauh berbeda cumaaa seperti yang saya bilang tadi kalo disini ga dapet camilan kalo pas jam 10.. hehehehe…

      Info tentang Hotel di Pangandaran yang saya baca terakhir disini mas: http://www.mypangandaran.com/profil/detail/3/daftar-ringkas-hotel-di-pangandaran.html , cukup update datanya karena di posting hari Selasa, 18 September 2012 10:04 WIB .. semoga informasinya dapat membantu menentukan pilihan penginapan yaa… :)

      Kalau untuk tempat makan… saya lupa namanya, tapi biasanya kami kulineran kalo dari arah hotel Laut Biru sebelahnya ada jalan lurus aja sampe mentok ke pantai timur, nanti tempat makannya yang pojokan sebelah kiri. Lumayan enak itu,.. tempat makan di pangandaran 1 dan yang lainnay ga terlalu jauh berbeda untuk rasa dan harga kok… jadii… selamat mencoba yaaa… klo ada info hotel dan tempat makan yang sippooo.. boleh share disini juga biar saya bisa ikut nyobain dan jadi sharing cerita disini :) ..dan terima kasih banyak ya mbak/mas ligi, sudah berkunjung dan membaca cerita disini ^_^

       
  6. damara

    January 23, 2013 at 3:41 pm

    mba punya enalan orang yang domisili pangandaran / green canyon?
    kalo boleh minta CPnya ya. . .
    makasi

     
    • just mira

      January 29, 2013 at 1:22 pm

      Dear Damara,
      ada CP nya tapi Hp saya yg memuat data CP sedang di servis :(
      as soon as setelah hp keluar dr UGD saya reply lagi yaaa….

      oh ya… sekedar informasi.. karena satu dan lain hal saya akan memindahkan blog traveling saya ke http://www.mirayamira.com
      di blog baru akan lebih spesifikasi mengenai Indonesia Traveling,
      informasi mengenai sharing terbaru dari Indonesia Traveling bisa anda dapatkan di:
      https://www.facebook.com/indonesiatravelingbymirayamira?ref=hl

      Dan Terima kasih banyak telah mengunjungi blog saya yaaa…

      Best Regards,
      miraYAmira

       
  7. Lili

    April 30, 2013 at 6:21 am

    Pantai pangandaran indah banget ya….

     
  8. Urfan

    June 6, 2013 at 4:48 am

    mba, saya masih bingung pas mbanya ngebolang di cagar alam…
    itu start dari mana sampe mana?
    trus snorkelingnya sebelum apa sesudah ngebolang?
    terus misalnya saya pake harga sewa perahu pp buat snorkeling itu gimana mba? di jemput apa ditungguin sampe selesai snorkelingnya…
    maaf banyak nanya…
    hehehe
    thanks infonya mba…

     
    • just mira

      June 14, 2013 at 1:56 pm

      Dear Urfan,

      hehheee….malah seneng kok kalo banyak ditanya2.. :D
      jalurnya waktu itu.. start naik kapal dari pantai barat muter sampai pantai timur,
      nah pas ditengah2 kita mampir di tempat nelayan mencari udang rebon *yg kita loncat dari atas terjun ke laut..*
      setelah keliling laut, belum terlalu ke arah timur kita turun untuk ngebolang, termasuk menusuri goa dan melewati hutan cagar alam
      hingga sampai di pantai pasir putih, lokasi untuk kita snorkeling..
      jadiii… sebenarnya paketnya bisa macem2.. tergantung request..
      1. dari pantai barat diantar sampai ke pantai pasir putih, selanjutnya kita bisa snorkeling disitu, pulangnya via jalur hutan cagar alam
      2. dari pantai barat ke pantai pasir putih, trus snorkeling, lalu pulangnya janjian sama yg punya kapal utk dijemput kembali ke pantai barat..
      3. dari pantai barat keliling sampai pantai timur pangandaran.. ke pantai pasir putihnya bisa diantar pakai kapal ataupun ngebolang menyusuri gua dan hutan cagar alam,
      dan pulangnya.. bisa jln kaki via hutan cagar alam, maupun minta dijemput kapal yg mengantar kita tadi…
      banyak option yaaa.. hehehheee… tinggal nego sama yg punya kapal ^_^
      ..jadi biasanya kita ditinggalin waktu snorkeling… tinggal janjian sama mas/bpk nya.. kita minta dijemputnya jam berapa… begitu kira2 :D :D

      heemmm.. semoga dpt dimengerti penjelasannya yaaa…
      atau malah tambah pusing?… hheheheee…
      boleh kok nanya2 lagiii :D

      terima kasih yaaa sudah berkunjung di blog sayaaa…
      mampir lagi donk di blog yang satunyaaa…
      http://www.mirayamira.com

      warm regards,
      mirayamira

       
  9. Asep Sundamar

    October 24, 2013 at 2:22 pm

    Hadeeuuhh…iri saya..asli urang Sunda tapi belum pernah ke kampung Naga, Green Canyon ama Pangandaran…sediiihh hikkss..hikss….

     
  10. utami

    December 21, 2013 at 5:18 am

    Mba mau tanya, kalau penginapan untuk backpackeran ada rekomendasinya ga??
    Sebelumnya terimakasih banyak untuk infonya :)

     
    • just mira

      January 15, 2014 at 5:11 am

      hemm… mungkin sekitar 150-200m dari hotel laut biru ada penginapan, tapi saya lupa namanya apa.. lahan parkirnya cukup luas, begitu kita masuk ke lobby kecilnya yang menyatu dengan tempat makan yang biasa digunakan untuk sarapan pagi akan langsung terlihat disitu ada kolam renang kecilnya juga. Tempat nya cukup nyaman, tinggal nyebrang ke depan udah langsung ke pantai. Pada saat peak-season tarif kamarnya hampir 400rb-an, sudah pake AC dan shower air hangat, tapi 1 kamarnya bisa dipake untuk ber-4, jadi kalo itung2 seorang 100rb/malem. kelebihan lain penginapan ini, pelayanannya ramah sekali, dan kalau di hotel lain bonus nya cuma breakfast nah kalo disini siang kalo kita duduk2 di cafe nya disuguhi camilan.. trus sore nongkrong lagi di cafenya eh berasa ada tea-time nya gituuu.. dikasih teh hangat plus pisang goreng, dan kalo ga punya malu minta nambah pun dikasih *hahahahahaa… soalnya saya iseng minta nambah eh beneran dikasih >.< * …kalau mau harga penginapan yang lebih murah dengan fasilitas seadanya, byk juga kok rumah penduduk yg dijadikan penginapan agak masuk ke jalan yg di dalam nya, jd ga pas depan pantai banget :)

      Regards,
      mirayamira

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: