RSS

Negara-Negara ASIA Bebas Visa untuk Paspor Indonesia

08 Jan

Siapa yang ga pengen bisa mengunjungi semua negara di seluruh penjuru bumi ini tanpa perlu mengurus VISA. Pengen banget pastinyaaa…tapi sampai sekarang judulnya juga masih mimpiiii..!!!!

Mengurus visa, selain menyita waktu dan sudah pasti akan cukup menyita uang juga, belum lagi birokrasi yang terkadang cukup rumit, ditambah untuk WNI, ntidak dapat dengan mudahnya mendapatkan visa traveling ke negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat dan Australia. Mengapa? karena persyaratannya cukup berat, seperti salah satunya adalah harus memiliki sejumlah uang di dalam rekening tabungan.

Sebelumnya, perlu kita tahu apa sih VISA itu? “VISA adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu” – Wikipedia

Kemudian ada istilah “Bebas Visa” dan “Visa on Arrival“.

  • Bebas Visa, artinya hanya perlu paspor saja untuk masuk ke negara tersebut.
  • Visa on Arrival (VoA), artinya setelah pemegang paspor tiba di bandara negara yang menerapkan VoA, pemegang paspor diwajibkan untuk mengurus visa dan membayar sejumlah biaya administrasi untuk bisa masuk ke dalam negara tersebut. Jadi, tidak perlu mengajukan permohonan visa ke Kedubes di negara asal, karena bisa langsung mengurus di negara tujuan. Biasanya VoA ini diperbolehkan untuk kunjungan singkat saja, seperti berlibur atau kunjungan sosial.

Naah… tapi  tidak perlu khawatir… beberapa negara  terutama di Asia Tenggara telah membebaskan pengurusan visa bagi para pemegang paspor hijau Indonesia. Hmm….Tertarik untuk traveling ke luar negeri tanpa visa???..Yuuk baca daftar list berikut ini. Daftar ini saya buat bukan karena saya pernah mengunjungi ke negara ini… tetapi karena keinginan saya yang dasarnya pengen ke luar negri, dan sebagai permulaan ya cari negara nya yang tanpa visa duluu… (semoga bisa terlaksana yaaa..amiiin… :) )

Berikut daftar negar-negara ASIA yang bebas visa dengan paspor hijau Indonesia yang saya ambil dari berbagai sumber :

BRUNEI DARUSSALAM = 14 hari

BRUNEI Negara cantik nan makmur. Posisinya berada di Pulau Kalimantan, berbatasan dengan Serawak dan Laut Cina Selatan. Satuan mata uangnya Brunei Dolar, memiliki nilai yang sama dengan Dolar Singapura. Tempat-tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi di Brunei antara lain: Istana Nurul Iman, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Museum Brunei, Masjid Jami Asr Hassanil Bolkiah, Gedung Royal Regalia, jangan ketinggalan juga mencoba kuliner khas Brunei yaitu nasi Katok. Katok artinya ketuk, yang ternyata merupakan nasi bungkus dengan lauk gulai ayam dan telur atau gulai daging sapi.

CAMBODIA = 30 hari (Visa On Arrival alias tetap harus membayar ketika sampai di kamboja 30 dollar untuk satu bulan dan 25 dollar untuk 5 hari)

CAMBODIA atau Kamboja. Ada beberapa cara untuk mengunjungi Kamboja,,yaitu melalui jalur udara, yang sudah banyak terdapat jalur penerbangan ke kedua kota di Kamboja.Phnom Penh sebagai ibukotanya dan Siem Reap yang menjadi primadona wisatawan untuk mengunjungi situs bersejarah Angkor Wat.Cara lainnya untuk berkunjung ke Kamboja adalah melalui jalur darat yang dapat di tempuh melalui perbatasan dengan Vietnam atau dengan Thailand dengan pintu perbatasan Kamboja di Poi Pet. Angkor Wat dan Bayon Temple yang ada di Seam Reap adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, destinasi wisata lainnya antara lain: Royal Palace, National Museum of cambodia, dan Museum Genocide di Phnom Penh, dll. Mata uang yang dipergunakan di negara ini adalah Riels.

HONG KONG = 30 hari

Tempat wisata HONGKONG yang paling terkenal tentu saja Disneyland Resort – Hong Kong yang dibuka September 2005. Beberapa lokasi dan daerah yang menjadi tujuan wisata antara lain: Kowloon, Tsim Sha Tsui, Avenue of Stars, Star Ferry, HongKong, Victoria Peak, Victoria Harbour, Aberdeen, Menara Bank of China, Hong Kong Convention and Exhibition Center, Lantau, Po Lin Monastery, Tian Tan Buddha, Tai O, Jembatan Tsing Mai, Jembatan Ting Kau. Ikon Hongkong lainnya seperti Madame Tussaud’s (museum patung lilin berbagai tokoh kenamaan dunia), Cable Car yang membentang sepanjang 5,7km menghubungkan Tung Chung dan Ngong Ping, Sky Terrace, Hongkong Park, Sha Tin Park, dan tentu saja tak ketinggalan Mong Kok, tempat wisata belanja yang murah meriah :D

IRAN = 7-15 hari (VoA dengan Surat Sponsor)

Esfahan dan Shiraz adalah dua tujuan pariwisata yang paling populer. Keduanya merupakan tempat kuno bersejarah. Tujuan wisata yang lain adalah Teheran, yang merupakan ibukota IRAN. Teheran, kota yang dinamis dengan berbagai museum dan istana. Tempat lain yang bisa dikunjungi di Iran diantaranya: Naqsh-e-Jahan square, Choghazanbil temple di Haftappeh, Masjid-e-Shaikh Lotfollah di Esfahan, Vank Cathedral di Esfahan, Atashkadeh Yazd (candi api Zoroasterians terbesar dan terluas), Banaye Shamsolemareh (Imperial Palace of Qajar kings) di Teheran, Attar’s Mausoleum di Neyshabur , Hafez’s Mausoleum dan Saadi’s Mausoleum di Shiraz, Baba Taher Mausoleum di Hamadan, dll. Dan rencananya Departemen ,Pariwisata di Iran sedang merancang sebuah pulau sebagai lokasi liburan khusus untuk perempuan. fasilitas tersebut rencana dibangun di pulau Arezou.

LAOS = 15-30 hari (VoA)

LAOS, negeri seribu gajah. Visa on arrival bisa diperoleh dengan mudah di bandara dengan biaya US$ 30 untuk izin tinggal selama 30 hari. Vientiane adalah nama ibukotanya. Terletak di sisi sungai Mekong yang berbatasan langsung dengan wilayah Thailand. Tempat tujuan wisatanya antara lain The Lao Cultural center, National Museum, Morning Market atai Talaat Sao, Xieng Khuan Buddha Garden, Pha That Luang (bangunan indah yang menjadi monumen nasional dan simbol bangsa Laos), Wat Si Saket (kuil Buddha tertua di Vientiane), The Kaysone Phomvihane Memorial and Museum, Wat Si Muang (salah satu kuil teraktif di Vientiane yang terawat dengan baik), The Royal Palace Museum (Haw Kham) di Luang Prabang, dll. Mata uang yang dipergunakan adalah kip. 1 US $ sebanding dengan sekitar 10,000 kip. Mata uang dollar amerika juga bisa dipergunakan disini.

MACAU = 30 hari

Gambar disamping adalah Old Church of Mater Dei, yang menjadi salah satu objek wisata terfavorit di MACAU. Kota ini juga memiliki banyak Museum seperti: Museum of Macau, Grand Prix Museum, Taipa Houses Museum (museum fashion), Macau Maritime Museum, Art Museum, Wine Museum, dan Museum of Nature & Agriculture, yang menawarkan suasana alam dengan ruang terbuka yang menghijau, meski tidak terlalu luas. Untuk Bangunan Tradisional bersejarah dapat mengunjungi Kuil A-Ma di Senado Square. Dan tentu saja Macau City Tower, yang merupakan lokasi untuk kegiatan skywalk. Mata uang yang berlaku adalah Macao Pataca. Namun mereka akan senang hati menerima dolar Hongkong ($HK).

MALAYSIA = 30 hari

Hmmm….MALAYSIA, obyek wisata nya yang paling terkenal adalah menara kembar KLCC (Kuala Lumpur Convention Center), tujuan wisata lainnya antara lain KL Tower, Bukit Bintang, Genting Highland, wisata di Malaka, wisata di Langkawi,dll.  Recomended untuk dikunjungi pula : Galeri Petronas, Petrosains & Petrosains Speed, National Theatre, National Science Center, Petaling Street, Central Market,  KL Bird Park, Lake Gardens, dan Royal Selangor Kuala Lumpur. Selain itu disana juga ada Redang Island, tempat menikmati olah raga air seperti scuba diving, snorkeling, wind surfing, dan manciiiing… Mata uang yang dipergunakan oleh negara ini adalah Ringgit.

MALDIVES = 30 hari (Visa On Arrival)

The Best Calm Beaches in The World.

Siapa yang tak kenal MALDIVES atau  MALADEWA. Negara dengan kumpulan pulau-pulau kecil membentuk atoll yang terbentang sekitar 800 km dari utara ke selatan di Lautan Hindia bagian Utara. Maldives merupakan jajaran 26 atoll yang terdiri dari 1.190 pulau-pulau kecil dan hanya 198 pulau yang berpenghuni.

Mata Uang Maldives ada 2 yaitu   Rufiyas (kertas) dan Laaris (koin).1 Rufiyas setara dengan 100 Laaris.

FILIPINA = 21 hari

Daya tarik negara kepulauan ini adalah pantai-pantai nya yang masih alami dan sepi. FILIPINA, selain menawarkan kehidupan laut yang indah, wisata pedesaan , juga kota sebagai pusat perbelanjaan. Negara ini juga kaya akan warisan budaya termasuk situs warisan UNESCO Beras Terraces Banaue di Ifugao. Beberapa tujuan wisata di Filipina antara lain: Tracking di Mt Pulag, Paraglidining di Bohol, Bohol Island, melihat lumba-lumba dan ikan paus di Pamilacan Island, Danao Adventure Park, Dahilayan Adventure Park, Boracay Beach, Rafing di Bubunawan River, Camiguin Island, Lake Sebu, Surfing & Snorkeling di La Union Beaches, Chinatown di Manila, Manila City Rizal Park, dll

SINGAPURA = 30 hari

SINGAPURA, negara dengan industri pariwisata yang berkembang dengan sangat baik. Pusat pariwisatanya berada di Orchard Road. Tempat wisata terkenal lainnya antara lain Singapore Zoological Gardens, Nights Safari, Jurong Bird Park, Sentosa Island, Carlsberg Sky, dll.

Singapura juga memiliki beberapa daerah kultural budaya yang dapat dikunjungi seperti Chinatown, Little India, dan Arab Street. Tempat-tempat tersebut menunjukkan keragaman budaya Singapura dan menjadi tujuan wisata terkenal. Dan tentu saja jangan sampai lupa mengunjungi Merlion, simbol yang berdasarkan pada legenda mistik Singapura, yang menjadi ikon destinasi Singapura.

SRI LANKA = 30 hari (VoA)

SRILANKA, memiliki banyak kota-kota wisata bersejarah seperti Sigiriya, Kandy, Nuwara Eliya, dan ibu kota Colombo. Sigiriya, objek wisata paling terkenalnya adalah  Sigiriya Rock Fortress. Kandy, dikota ini dapat dikunjungi pasar tradisional, pusat kesenian dan kerajinan tangan, serta pusat pembuatan batu-batu permata. Selain itu, di Kandy juga terdapat Temple of the Sacred Tooth Relic. Nuwara Eliya, atau lebih dikenal dengan sebutan “Little England”, berlokasi di dataran tinggi dengan dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan, air terjun dan perkebunan teh yang indah dan luas.Colombo, di kota ini kita bisa berwisata belanja di Noritake, Odel, Barefoot, dan House of Fashion.

THAILAND = 30 hari

THAILAND, negara sejuta wisata, sangat terkenal di dunia dan menjadi salah satu sektor pariwisata andalan di kawasan Asia Tenggara. Surga Belanja kelas dunia,mulai dari pasar grosir Bo Bae dan Pratunam, mall favorite nya turin Indo Mahbungkrong (MBK), pasar malam Suan Lum, pasar terbesar Asia Chatuchak, King Duty Free, Siam Parago, & Siam Square. Hiburan & Entertainment, bisa mengunjungi: Dream World & Ocean World, Siam Niramit, Cabaret dan Noong Noch. Kecantikan Alamnya, jangan ditanya, pastikan mengunjungi Phi-Phi Island, James Bond Island, Pattaya & Phuket, Hua Hin, Chiang Mai, dan Ayutthaya.

VIETNAM = 30 hari

Ho Chi Minh City menjadi salah satu pusat pariwisata terbesar di VIETNAM. Disana terdapat Ho Chi Minh Museum, Cu Chi Tunnels,kawasan wisata Thanh Da, Binh Quoi Village, Bendungan sen Park, dll. Wisata danau di Dalat City, banyak terdapat danau-danau alam & buatan seperti Ho Xuan Huong, Than Tho, Da Thien, dan Tuyen Lam.

Kota-kota tujuan wisata di vietnam lainnya adalah Nha Trang City, Danang City, Hue City, Halong City, Hanoi, Sa Pa. Serta jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati keindahan Halong Bay.

28 hari tanpa perpanjangan hanya lewat bandara yangoon atau mandalay (Visa On Arrival USD 30)

MYANMAR, tanah sejuta candi bata. Bagan, adalah sebuah mantan kota lama di Provinsi Mandalay, Myanmar. Candi-candi di Bagan seluruhnya terbuat dari bata merah. Ada beberapa candi besar, salah satu yang utama adalah Candi Ananda yang berisi patung Buddha berlapis emas setinggi lebih dari 20 meter. Obyek menarik lainnya seperti Danau Inle dan juga Kota Mandalay dan sekitarnya. Mengunjungi Myanmar terbaik pada bulan Oktober karena pada bulan ini terdapat Festival Danau Inle yang sangat besar. Namun, untuk mengunjungi Bagan, waktu terbaik adalah di awal tahun saat musim dingin agar suasana Bagan bersih dari awan dan kabut. Dengan menyewa balon udara berbiaya 250 dollar AS (sekitar Rp 2,3 juta) per orang, Anda bisa memotret ribuan candi itu dari udara..

NEPAL = 30atau 60 hari (Visa On Arrival)

NEPAL terletak di kawasan pegunungan Himalaya. Negara ini mendapat julukan negeri seribu kuil. Tidak berlebihan, karena di Kathmandu -ibukota Nepal- setidaknya  terdapat 7 kompleks besar kuil Hindu dan Buddha yang berusia ribuan tahun. Hampir keseluruhan kuil masih terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap dipergunakan sebagai tempat ibadah, atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat.  Selain Kathmandu, masih ada Pokhara, Nagarkot, Annapurna (kawasan konservasi alamnya yang merupakan rute trek favorit para pendaki profesional), Chitwan (taman nasional dan spesies langka), dan Lumbini, yang tak kalah populer. Jika ingin memotret salju di pucuk Everest dan Himalaya, jangan berkunjung di bulan Juni-Juli karena saat itu puncak musim panas.

NEW..!!! >> INDIA = (Visa on Arrival sekitar Rp 600.000)

INDIA memliki sederet objek wisata yang menakjubkan. Sudah pasti yang menjadi kunjungan terfavorit bagi para wisatawan adalah Taj Mahal.

Objek wisata di India lainnya seperti Khandala Ghat (terkenal untuk tempat berbulan madu), Akshardham Temple, Jaisalmair Fort, Lotus Temple, Brihadeshwara temple di Tanjore, Wildlife Sanctuary dan  Boat Cruise di Periyar, Srirangam Temple & Rockfort  di Trychi,dll. Dan yang suka berpetualang dapat melakukan aktivitas Jeep Safari in Himalaya, Leh Adventure Tour, atau River Rafting Advanture Tour, yang semua paketnya start di Delhi.

About these ads
 
23 Comments

Posted by on January 8, 2012 in Travelling

 

23 responses to “Negara-Negara ASIA Bebas Visa untuk Paspor Indonesia

  1. Triyoga Adi Perdana

    August 31, 2012 at 6:35 am

    Wah wah, nice to see it. :D
    Salam kenal dari Bandung. Hehehe

     
  2. Bulan Herbani

    August 31, 2012 at 10:41 am

    waaah informatif banget nih! Thanks for sharing, emang rencana
    mau jalan-jalan lagi nih…tp ya itu bener cari yg bebas visa :-)

     
  3. mira YA mira

    September 1, 2012 at 8:47 am

    @Triyoga Adi Perdana… salam kenal juga ya mas…. lhooo sama dari Bandung ^_^ tetanggan donk kita…hehehhe…. terima kasih sudah berkunjung kemari yaaaa… :)

     
  4. mira YA mira

    September 1, 2012 at 8:49 am

    @Bulan Herbani…. terima kasiiiiih sudah berkunjung kemariiiii…. waah, kapan niy mau jalan2 lagi? bareng yuuuukkk… *hehehehe….

     
  5. tina farida

    September 1, 2012 at 9:15 pm

    *☆.·**•τнänќ чou*•.★.·** 4 info … :)

     
    • mira YA mira

      September 2, 2012 at 3:11 am

      @tina farida …u are welcome ^^

       
  6. Jaka Purwanto

    September 13, 2012 at 12:22 pm

    salam kenal,bln 2,2013 sy mo ke Myanmar,sy ada keluarga angkat di Yangon,skrg mmg dh VOA,kpn ya bebas visanya,pdhl dl wkt rapat asean kan,thn 2012 semua anggota asean udh bebas visa,tp Myanmar ni agk ngeyel,thn 2011 sy udh ke sana tp sy apply visa dr Kuala Lumpur(sy tinggal di Penang Malaysia),,,mo nanya dkit nih,,,2013 sy jg punya plan ke Nepal…skrg masih VOA kan,,mksh ya…slm dr Penang..(asli Klaten,Jateng)..

     
  7. shrly

    January 3, 2013 at 5:37 pm

    Ada masukan utk liburan ke maldives anyone ?

     
    • mira YA mira

      January 5, 2013 at 11:43 am

      Dear shrly,

      Mungkin ini bisa jadi masukan info:

      1. Maldives, kategori wisata mahal, tidak ada penerbangan dr Indonesia yg langsung menuju kesana. Penerbangan transit menggunakan Malaysian Airlines atau Singapore Airlines.Kabar baik di awal 2012 kemarin, Mihin Lanka (anak perusahaan SriLanka Airlines) kabarnya menawarkan jalur jkt-maldives-jkt via SriLanka dg tiket hampir 1/2 harga dibandingkan maskapai lain. Alternatif lain adalah mencari tiket promosi Air Asia ke Malaysia jauh2 hari lalu meneruskan penerbangan ke maldives via Malaysian Airlines.

      2. Untuk Visa, masih berlaku Visa On Arrival, jd bebas masuk bagi turis manapun. Tapi ada syaratnya, yaitu turis harus menunjukkan surat tanda konfirmasi hotel tempat menginap.

      3.PLAN A : benar-benar menjadi turis. Resort mewah disana per malam nya bisa lebih dari USD600. Bocoran Info ttg penginapan yang murah, motel di Hulhumale’ sekitar USD60. di Hulhumale juga sudah byk aktifitas sport & diving. Tapi lebih baik bawa perlengkapan snorkeling sendiri, bisa lbh puas dan lbh irit tentunya krn tdk mengeluarkan biaya sewa peralatan.
      Menjelajah maldives bak penduduk lokal :D ….Penduduk Maldives memiliki feature wajah yang cukup mirip dengan orang Indonesia, terutama yang dari Sumatera. Kota dan pulau-pulau yg ada di Maldives sangat kecil hingga dapat dikelilingi dalam waktu 20 menit (katanya… ) jd ga perlu takut nyasar alias tersesat …lalu mencoba semua alat transportasi publik, seperti bus, ferry atar pulau, dan speedboat. Tinggal melompat, dan siap2 ‘speechless’ dgn keindahan Maldives :D

      4. Kalau ke maldives sepertinya sdh wajib punya kamera underwater :D …jangan lupa dibawa berikut memory card cadangan :D :D :D

      5. Pilihan lain (PLAN B) untuk kunjungan maldives, mengikuti kursus diving di Diving & Surfing Centre. Kabarnya banyak ditawarkan paket kursus murah yang sudah termasuk biaya makan dan penginapan (termasuk penjemputan di bandara, diantar ke pulau tmp pelatihan diadakan. kisaran budgetnya start from USD 770.

      6. Pilihan lain (PLAN C)menjadi relawan Maldives ^_^
      The TIny Island Volunteer adalah organisasi non-profit dari UK yang sudah banyak melakukan perubahan di pulau-pulau kecil Maldives dan mengajak warga dunia untuk ikut serta di dalamnya. Banyak pilihannya, menjadi guru, menyelamatkan kura-kura atau melestarikan karang sambil berkenalan dengan orang-orang baru dengan visi yang sama. Biaya USD 1570/bulan (2012), Anda dapat menjadi relawan selama sebulan di Maldives dan mengikuti program pelatihan, kursus diving, dan fasilitas relawan. Harga sudah termasuk penginapan dan makan.

      Silahkan mencoba… dan sharing cerita ke saya juga yaa…^_^

      Regards,
      miraYAmira

       
  8. Alfin

    January 29, 2013 at 5:23 am

    Mbak… aku ada info…. Januari tahun 2012 lalu aku nyebrang ke Cambodia dari Ho Chi Minh, sekarang sudah free visa, dan kita ga perlu lagi visa on arrival ke Cambodia… Enjoy… :)

     
    • just mira

      January 29, 2013 at 1:19 pm

      Dear Alfin,
      waaahh… terima kasih banyak infonya yaaa….

      oh ya… sekedar informasi.. karena satu dan lain hal saya akan memindahkan blog traveling saya ke http://www.mirayamira.com
      di blog baru akan lebih spesifikasi mengenai Indonesia Traveling,
      informasi mengenai sharing terbaru dari Indonesia Traveling bisa anda dapatkan di:

      https://www.facebook.com/indonesiatravelingbymirayamira?ref=hl

      Dan Terima kasih banyak telah mengunjungi blog saya yaaa…

      Best Regards,
      miraYAmira

       
  9. Iren

    February 1, 2013 at 9:36 am

    Mba kalau ke Nepal visa pengurusannya dimana pas sampe bandara?bisa bantu arahannya ga ya :)

     
    • just mira

      February 1, 2013 at 11:52 am

      Dear Iren,
      Saya belum pernah ke Nepal, coba bantu cari info sana sini mungkin ini bisa sedikit membantu:
      Setelah mendarat di Bandara Tribhuwan, Kathmandu, di ruang kedatangan terdapat meja bundar yang cukup tinggi, diatas meja tersedia lem, dsb, dengan suasana bak kantor pos. Tak jauh dari meja tersebut ada jalur untuk antrian memasuki kota Kathmandu, untuk yang sudah membawa visa antriannya cukup lancar, tapi untuk jalur yang visa on arrival …”krik..krik..krik..” lambat banget, jadi harus siap2 untuk berdiri dan antre saja :) .< …

      Info visa Nepal lainnya,
      Tidak ada kedutaan besar Nepal di Indonesia. Untuk mengurus visa Nepal bisa melalui kedutaan besar India di Indonesia, tapi kalau mengurus via kedutaan India ya berarti masuk Nepalnya harus via India. Kalau ga mampir ke India ya berarti harus pakai Visa On Arrival.

      oh ya… sekedar informasi.. karena satu dan lain hal saya akan memindahkan blog traveling saya ke http://www.mirayamira.com
      di blog baru akan lebih spesifikasi mengenai Indonesia Traveling, kuliner, dsb
      informasi mengenai sharing terbaru dari 'Indonesia Traveling' bisa anda dapatkan di:

      https://www.facebook.com/indonesiatravelingbymirayamira?ref=hl

      Dan Terima kasih banyak telah mengunjungi blog saya yaaa…

      Best Regards,
      miraYAmira

       
    • just mira

      February 1, 2013 at 11:59 am

      Dear Iren,
      saya dapat info menarik lainnya tentang visa Nepal (sumber: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080324212246AABxrCZ )

      Visa Nepal terdiri dari beberapa jenis:
      1. Visa Turis – untuk kunjungan wisata.
      2. Visa Transit – untuk kunjungan singkat, maksimum selama 48 jam.
      3. Visa Belajar – untuk orang asing yang belajar di Nepal
      4. Visa Non-Turis – untuk orang asing yang ingin masuk ke Nepal dalam jangka panjang, termasuk orang asing yang menikah dengan orang Nepal
      5. Visa Non-Residence – Untuk orang Nepal yang berkewarganegaraan lain untuk mengunjungi keluarga, sekolah dan bekerja di Nepal. Berlaku sampai 10 tahun.
      6. Dan jenis-jenis lainnya.

      Jadi pada dasarnya ada dua cara untuk mendapatkan visa Nepal:

      1. CARA PERTAMA
      Kita harus mendatangi kedutaan Nepal di negara lain, dan mengajukan permohonan visa kita di sana.

      Untungnya, Nepal punya kedutaan besar di Kuala Lumpur, Malaysia. Kenapa untung? Karena pemegang paspor Indonesia bisa masuk Malaysia sebagai turis tanpa harus mengajukan visa.

      Untuk mengurus visa tersebut:
      1. Beli tiket pesawat ke Kuala Lumpur, Malaysia
      2. Berangkat ke sana
      3. Setibanya di Kuala Lumpur, kita datang ke kedutaan besar Nepal di sana. Ini alamatnya:

      Royal Nepalese Embassy
      Suite 13A.01, 13th A Floor,
      Wisma MCA, 163 Jalan Ampang, 50540,
      Kuala Lumpur
      Tel: 03-2164 5934, 03-2164 9653
      Fax: 603-2164 8659

      2. CARA KEDUA
      Langsung datang ke Kathmandu, Nepal, dan setibanya di sana langsung mengurus visa di imigrasi di airport Tribhuvan.

      Apa aja dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus Visa Nepal?

      Tiap jenis visa membutuhkan persyaratan yang berbeda. Tapi kalau untuk datang sebagai turis saja, yang diperlukan tidak banyak.

      1. Fotokopi paspor. Biasanya yang diperlukan adalah fotokopi halaman pertama dan halaman terakhir
      2. Formulir permohonan visa yang sudah diisi sebanyak 6 rangkap, dan setiap rangkap disertai dengan foto (sebaiknya foto ukuran paspor berwarna)

      Bagaimana cara untuk bisa sampai ke Nepal?

      Kalau anda mengikuti cara pertama dan sudah sampai di Kuala Lumpur, ada penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Kathmandu, Nepal, dengan menggunakan pesawat Thai Airways.

      Tapi penerbangan terbanyak ke Kathmandu adalah dari Bangkok, Thailand, juga dengan Thai Airways.

      Terus terang ini adalah informasi yang saya kumpulkan di internet. Untuk lengkapnya, silakan melihat website kedutaan besar Nepal di Malaysia:

      http://www.nepalembassy.com.my

      Di situ anda bisa men-download formulir pengajuan visa untuk mengetahui syarat-syarat yang lebih lengkap.

      Selamat mencoba yaa… dan Semoga berhasil ^_^

      Best Regards,
      miraYAmira

       
  10. Agung Setiawan

    February 7, 2013 at 4:29 pm

    Kalo Ke Brunei darusalam apakah menggunakan Visa? ataukah langsung berangkat seperti akan ke malaysia atau Singapore… Thank you

     
  11. winnymarch

    March 1, 2013 at 12:39 am

    kaka mira!!!
    salut dengan perjalanannya kak!! informatif banget
    salam kenal yah kak
    and follow back yah kaka :)

     
    • just mira

      March 1, 2013 at 1:14 am

      Dear Winny…
      Salam kenaaaaalll….
      saya belum banyak jalan kemana2 kok win… so, hayuk kita jalan2 :D :D
      …sudah saya follow back yaaa…
      Kalo kebetulan ke Bandung… kabar2i saya yaaa…
      mari kita bertemu dan sapa tau bisa jalan2 bareng jugaa

      just for info… traveling Indonesia akan saya pindahkan ke blog yg ini:

      http://mirayamira.com/

      enjoy reading ^^

      regards,
      miraYAmira

       
      • winnymarch

        March 1, 2013 at 2:33 am

        boleh mbak saya sering kesana waktu tinggal di bogor tapi sejak di kupang berat d ongkos kak!! kak mau nanya dintara jepang, china ama korea selatan yang paling mudah untuk ngurus visanya apa yah kak dan bisa gk urus d bali atau surabaya? mana lebih worth it utk dkunjungi? mksh kak penjelasannya

         
  12. nyoman singset

    March 23, 2013 at 2:08 pm

    terima kasih banyak…

     
  13. Choa Ariesst

    July 15, 2013 at 10:10 am

    mba apa saja yang di butuhin untuk ke malaysia

     
  14. Choa Ariesst

    July 15, 2013 at 10:20 am

    mba

     
  15. Nicholas Novellino

    October 19, 2013 at 6:29 am

    Haloo mbak,minta recommend untuk wisata Philipines dong.Tepatnya aku mau liburan ke Cebu sekalian ketemu kerabat,untuk tiket PP nya bisa kena budget berapa ya?
    Thankyou :)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: