RSS

Kampung Naga

01 Jan

the Jepiters di depan tugu kujang sebelum memasuki Kampung Naga

Akhirnyaaa… setelah 6 tahun bersama ITENAS, kali ini saya bisa ikut acara Ekskursi wisata dan budaya yang memang sudah rutin diadakan setiap tahunnya. Ekskursi selama 3 hari mulai tanggal 15-17 Desember 2011, tujuannya adalah Kampung Naga dan Pangandaran.

 

Rombongan Ekskursi Itenas bersama mahasiswa-mahasiswa dari 4 angkatan berikut  12 orang  dosen pendamping dengan menggunakan 2 bus besar dan 1 bus sedang berangkat dari bandung pada pukul 7 pagi. Bersama tim ‘nu geulis na Konstruk (…hahay..) saya, Bu Dinie, eceu Tasha, dan neng Gina, kami berada di bus 3 menjadi dosen pendamping untuk angkatan 2011.

Perjalanan menuju Kampung Naga ditempuh lebih dari 3 jam. Berangkat dari Itenas kami menuju tol Pasteur keluar Cileunyi dan langsung ikuti arah Garut. Sampai di pertigaan jalan Cagak (bentuk jalannya seperti huruf Y), ambil yang menuju ke arah atas, yaitu  jalur arah Cipanas, Garut, sampai Garut kota ikuti arah Tasikmalaya lalu ikuti arah Salawu.

Lokasi Kampung Naga terletak tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan antara Garut & Tasikmalaya. Jarak tempuh dari Tasikmalaya ke Kampung Naga sekitar 30km, sedangkan kalau dari Garut kurang lebih 26km. Selama perjalanan kita akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Di sebelah kiri jalan dari arah kota Garut, kita bisa melihat pemandangan lembah, sawah, dan sungai.

Kampung Naga terletak di sebelah kiri jalan, dan terdapat semacam gapura besar sebagai penanda pintu masuk kawasannya. Hal pertama yang terlihat setelah melewati gapura  adalah lapangan parkir kendaraan yang luas

di pelataran parkir sebelum memasuki kampung naga

Tidak jauh dari tempat parkir terdapat semacam pos penjagaan dengan plang yang menuliskan syarat-syarat mengenai bagaimana cara memasuki Kampung Naga. Karena rombongan besar, jauh-jauh hari kami sudah mengurus izin ke tetua kampung, dan begitu sampai di Kampung Naga rombongan kami didampingi oleh 3 pemandu warga asli Kampung Naga yang mengantar kami masuk menuju ke perkampungannya.

yuk mareee…exlplore the dragon village

Kampung Naga adalah sebuah perkampungan yang dihuni sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat  peninggalan leluhurnya. Masyarakat Kampung Naga hidup dalam suasana yang bersahaja dan lingkungan tradisional yang lekat.



Dari lokasi parkir kendaraan menuju kampung naga kita harus menuruni tangga yang berjumlah 400sekian…. (berdasarkan informasi dari pemandu yang lupa ga dicatet pula.. :p) dilanjut dengan melalui jalan setapak yang menyusuri sungai ciwulan sampai ke dalam Kampung Naga. Sawah-sawah yang berbentuk terasiring menghiasi perbukitan. Dan dari kejauhan, atap-atap rumah Kampung Naga yang terbuat dari ijuk bisa kita lihat.

he we are @dragon village

Memasuki Kampung Naga kita akan melihat bangunan rumah khas Kampung Naga yang berbentuk panggung, hampir semua bahannya terbuat dari kayu, dan atapnya terbuat dari daun nipah, ijuk atau alang-alang.

 

Lantai rumahnya pun terbuat dari papan kayu, tidak boleh dicat, kecuali menggunakan kapur.

Warga Kampung Naga tidak memperkenankan barang atau peralatan modern masuk ke Kampung Naga, karenanya disana kita tidak akan mendengar suara radio, TV, atau elektronik lainnya.. yang dapat kita dengar adalah suara-suara alam seperti gemericik air sungai, desiran angin, dan suara-suara serangga dan katak yang mengiringi saat matahari terbenam. Indahnya Indonesia…..🙂

LOVE to VISIT INDONESIA

miraYAmira

 
2 Comments

Posted by on January 1, 2012 in Travelling

 

2 responses to “Kampung Naga

  1. nightmar3

    May 18, 2013 at 2:35 pm

    Like

     
    • just mira

      January 15, 2014 at 4:57 am

      Thank u @nightmar3🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: