RSS

Day 3_1# Barong Dance

03 Nov

Hari ketiga kami di Pulau Dewata Bali, setelah packing semua perlengkapan karena hari ini kami akan berpindah lokasi penginapan dari Denpasar lanjut perjalanan dengan mampir sana sini dan akan menuju lokasi penginapan kedua yaitu LOVINA…yippiiiiieeeee…..

Tujuan pertama setelah meninggalkan Denpasar adalah Batubulan… its Barong Dance time…  kami melihat pertunjukan tari Barong di salah satu sanggar seni di Batubulan.

area pertunjukan Barong Dance

Masih sekitar pukul 8 pagi waktu Bali ketika kami sampai di lokasi ini. Kepagian datangnyaaa… >.< ..tapi dengan menjadi pengunjung paling pertama *beneran ini dateng pertama, soalnya pas keliling-keliling yang ada cuma kami dan para pemeran yang nanti akan tampil, pengunjung lainnya belum datang😀 * kami bisa leluasa berkeliling di  lokasi pertunjukan.

area tempat penabuh gamelan yang mengiring tarian Barong, kostum nya ungseuu… Hihihihi…

Melihat-lihat dan bahkan menyentuh barong-barong yang akan digunakan di pertunjukan nanti, melihat para pemain sedang berdandan untuk pertunjukan nanti, ngobrol macam-macam bersama para pemainnya, foto bareng *hahaha… teteeuuup yaaa….. narsiiisss…. >.< *

narsis sama salah satu pemainnya dulu..😀

dan pastinya kami dapat memilih tempat duduk  dibarisan paling depan ^_^ …hip hip horreeeeyyy…. \(^_^)/

horreeeyy… dapat kursi di barisan terdepan \(^_^)/

Tari Barong adalah tarian khas Bali yang berasal dari khasanah kebudayaan Pra-Hindu dimana Barong sendiri diyakini sebagai hewan mitologis yang menjadi pelindung kebaikan. Barong ditarikan oleh dua orang penari laki-laki, seorang memainkan kepala barong serta kaki depan, dan seorang lagi memainkan bagian kaki belakang dan ekor. Barong, wujudnya merupakan perpaduan antara singa macan, lembu atau keket. Keket oleh orang Bali dianggap sebagai raja hutan yang disebut pula dengan nama Banaspati Raja.

Barong Dance

Tarian tidak jauh berbeda dengan Barongsai yang  biasa dipertunjukkan oleh masyarakat Cina, hanya saja cerita yang dimainkannya berbeda.

barong dan kera sahabatnya

Barong disini menceritakan pertarungan antara Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya seperti kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti),serta para pengikut Rangda.

Rangda sendiri dalam mitologi Bali adalah ratu dari para leak. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat untuk melawan Barong.

Rangda, ratu dari para leak

Selain itu, Tari Barong juga diselingi dengan Tari Keris (keris Dance) , dimana para penarinya menusukkan keris ke tubuhnya masing-masing.

Keris Dance

Setelah melihat pertunjukan ini, kemana lagi kita?….ayooo….ikutin terus cerita perjalanan kami yaaa….😀 Beautiful Bali… tidak hanya indah pantainya tapi juga kaya kebudayaan, dan inilah Indonesia… *DAMN, I Love Indonesia🙂 *

LOVE to VISIT INDONESIA

miraYAmira

 
2 Comments

Posted by on November 3, 2012 in Bali, Travelling

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Day 3_1# Barong Dance

  1. agadir holidays

    November 3, 2012 at 12:48 pm

    i like indonesia so much
    greeting from Morocco

     
  2. mira YA mira

    November 4, 2012 at 1:57 am

    Thank u for seeing my page
    greeting from Indonesia🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: