RSS

Day 3_4# Pura Tirtha Empul – Tampaksiring

10 Nov

Pesona pulau dewata yang tak lekang oleh waktu. Selain wisata alamnya, Bali juga banyak terdapat peninggalan warisan budaya. Salah satunya adalah Pura Tirtha Empul Tampaksiring, yang terletak di desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, dan berjarak sekitar 36km dari kota Denpasar.

Area Jaba Pura Tirtha Empul

Secara etimologi, Tirtha Empul artinya adalah air suci yang menyembul keluar dari tanah. Berdasarkan situs Parisada, Pemandian Tirtha Empul ini dibangun pada zaman pemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa dan Pura nya dibangun pada masa Raja Masula Masuli.

Pura Tirtha Empul

Sumber air suci Tirtha Empul sering dipergunakan untuk Upacara Melukat oleh ribuan penduduk Bali dengan makna sebagai perlambang pembersihan manusia dari berbagai hal yang negatif. Mungkin kalau di pulau Jawa lebih dikenal dengan istilah padusan.

Seperti pura pada umumnya di Bali, yang selalu terdiri dari 3 bagian yaitu Jaba pura (halaman muka) tampak pada foto yang paling pertama🙂 kemudian Jaba tengah atau halaman tengah dan yang terakhir adalah Jeroan (Halaman Dalam). Di lokasi Jaba Tengah pada Pura Tirtha Empul ini terdapat 2 kolam berbentuk persegi panjang yang memiliki 30 buah pancuran yang berderet dari timur ke barat dengan arah hadap selatan. Masing-masing pancuran tersebut menurut tradisi memiliki nama tersendiri, dan setiap namanya tentu saja memiliki latar belakang cerita sejarah yang berbeda-beda.

Setelah area Jaba Tengah, kita akan memasuki area Jeroan. di area jeroan ini kita memasuki wilayah bagian dalam pura. Sebelum masuk ke dalam kita akan diminta untuk memakai kain panjang dengan pengikat yang sudah disediakan oleh petugas penjaga yang ada disana.Menggunakannya tidah susah, hanya dibalut ke badan kemudian diikat dengan tali yang ada. Untuk anak kecil yang masih dibawah umur boleh tidak menggunakan kain dan hanya menggunakan tali pengikat saja.

Tak jauh dari tempat untuk menggunakan kain, berseberangan dengan jalan memasuki pura terlihat Istana Presiden Tampaksiring yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Istana ini dipergunakan sebagai tempat peristirahatan presiden. Pengen yaaa.. masuk ke dalam sana dan melihat seperti apa di dalamnya… hihihi..tapi ternyata tidak bisa, pintu gerbangnya dikunci dan untuk masuk ke dalam harus dengan izin khusus (-__-!!)

Balik maning ke Pura Tirtha Empul… ini dia lokasi menuju Jeroan. Saya sudah berada di depan gerbang atau gapura yang berukir indah khas Bali.

Pura Tampaksiring ini banyak dikunjungi oleh umat Hindu untuk melakukan persembahyangan. Beruntung pada waktu saya berkunjung kesini bisa masuk sampai ke dalam. Biasanya, para pengunjung diijinkan masuk ke areal pura hanya sampai ke halaman gedung utama dimana mereka dapat menikmati pemandangan Tugu kembar yang indah dengan pintu masuk yang terpisah.

Melewati area pura…. ini dia lokasi yang paling dicari-cari… posisi tepatnya Tirtha Empul berada atau air suci yang menyembul keluar dari dalam tanah. Dinding pembatasnya cukup tinggi, saya pun masih harus jinjit dan mencari pegangan untuk dapat membuktikan sendiri dengan apa yang disebut dengan Tirtha Empul. Seperti foto dibawah yang sebelah kanan *semoga cukup jelas foto nya yaaa….* pada bagian warna hijau tua kehitaman kalau diperhatikan terdapat pendaran air yang merupakan reaksi dari air yang menyembul keluar. Kalau melihat langsung di lokasi sangat terlihat kok.. jadi wajib kesini untuk bisa melihatnya yaaa…😀

Tempat terakhir serial Tampaksiring yang dikunjungi ini adalah pasar. Perjalanan panjang melewati area kanan kiri  pedagang yang menjual pernak-pernik dari hiasan, perhiasan, pakaian, dan lain sebagainya…

HATI-HATIIIII… penjual disini sangat pandai memikat hati pembeli, benar-benar fikirkan apa saja yang memang perlu untuk dibeli, kalau tidak disini benar-benar bisa bikin kalap belanja, selain kualitas bagus dan ragamnya banyak, harganya juga cukup miring plus jago nawar seperti ibu saya >,< …jangan ditanyaaaa… benar-benar pulang tanpa tangan kosong😀

LOVE to VISIT INDONESIA

miraYAmira

 
Leave a comment

Posted by on November 10, 2012 in Bali, Travelling

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: