RSS

Day 4_5# Pelabuhan Buleleng, Singaraja

31 Dec

pelabuhan buleleng bali

Pelabuhan Buleleng?… Sebuah bekas nama pelabuhan yang nyaris tak berbekas. Pusat jajan serba ada telah menggantikan tempat yang dulunya merupakan dermaga terbesar di Bali.

pelabuhan buleleng

Singaraja, sebuah kota tua yang terletak di ujung utara pulau dewata. Mencari referensi sana-sini, mungkin memang benar bahwa tidak banyak orang yang masih mengingat keberadaan tempat ini. Bahwa ternyata kota ini dulunya menjadi ibukota Nusa Tenggara dan merupakan lokasi pusat pelayaran karena dermaganya yang besar.

pelabuhan buleleng singaraja

yippiy yeey… that’s my mom… eksis di depan tugu pelabuhan buleleng… sayang backlight fotonyaaa… Sekitar tahun 1950an kejayaan pelabuhan Buleleng berangsur menghilang. Pelabuhan yang dulunya merupakan tempat bongkar muat barang, bahkan menjadi area transit kapal-kapal pesiar asing yang banyak membawa wisatawan, sekarang tinggal kenangan yang hampir terlupakan.

pelabuhan buleleng

Untuk masuk ke pelabuhan ini sangat murah meriah, hanya dengan membayar restribusi parkir saja.. Rp 500,-  untuk sepeda motor dan Rp 1000,- untuk mobil. Senang dengan murahnya tetapi miris juga melihatnya. Dengan retribusi sekian itu bagaimana bisa pemerintah menjaga dan merawat bangunan-bangunan yang ada. Dan pada akhirnya, bangunan-bangunan tua hanya sekedar menjadi saksi bisu kejayaan pelabuhan, bahkan bekas kantor kepabeanan pun dibiarkan terlantar, kosong.

pelabuhan buleleng bali

Pelabuhan Buleleng juga menjadi saksi sejarah perlawanan masyarakat setempat melawan pemerintah Belanda. Serupa dengan Insiden Hotel Yamato, di tempat ini, pada saat itu juga terjadi peristiwa bersejarah perobekan warna biru pada bendera Belanda.

IMG_7473

Untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut, pada tahun 1987 pemerintah membangun tugu Yudha Mandala Tama. Tugu yang berupa pemuda kekar menunjuk ke arah lautan sambil memegang bambu runcing dengan sang merah putih di ujungnya.

pelabuhan buleleng bali

Sekitar tahun 2005, pelabuhan ini mulai ditata kembali dengan menambahkan beberapa taman yang berfungsi juga sebagai lahan penghijauan, pengecatan ulang di beberapa bangunan tua, dan bekas dermaga diganti fungsinya sebagai restoran terapung  yang menyediakan berbagai jenis kuliner spesial dengan harga yang terjangkau.

Eksotika Bali Utara, sebuah pelabuhan yang menjadi saksi bisu sejarah Indonesia yang hingga kini tetap memiliki pesona panorama yang indah. Jangan biarkan tempat ini hanya menjadi sebuah cerita usang dan kenangan yang terlupakan.

LOVE to VISIT INDONESIA

miraYAmira

 
Leave a comment

Posted by on December 31, 2012 in Bali, Travelling

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: